G4, Flu Babi Jenis Baru Ditemukan, Berpotensi Jadi Pandemi

शेयर करें
एम्बेड करें
  • 30/06/2020 को प्रकाशित
  • TRIBUNTIMURWIKI.COM- Para peneliti di China menemukan flu babi jenis baru yang dapat meluas menjadi pandemi.
    Penemuan itu diungkap oleh sebuah penelitian yang diterbitkan PNAS, jurnal sains di Amerika Serikat (AS), pada Senin (29/6/2020).
    Dilansir dari AFP, virus yang dinamai G4 ini secara genetik adalah turunan dari strain H1N1 yang menyebabkan pandemi pada 2009.
    Virus ini memiliki "semua syarat penting untuk bermutasi dan menginfeksi manusia," kata para penulis yang terdiri dari ilmuwan di sejumlah universitas China serta Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China.
    Dari 2011-2018, para peneliti dari China Agricultural University (CAU) mengambil 30.000 tes swab hidung dari babi-babi di rumah jagal 10 provinsi China, termasuk di rumah sakit hewan.
    Tes massal itu berhasil mengumpulkan 179 jenis flu babi.
    Mayoritas adalah jenis baru yang sudah dominan berada di babi-babi sejak 2016.
    Para peneliti kemudian melakukan berbagai percobaan termasuk pada ferret, sejenis musang yang banyak digunakan dalam studi flu.
    Ferret dipakai lantaran memiliki gejala flu yang mirip manusisa, seperti demam, batuk, dan bersin.
    AFP mewartakan, virus G4 sangat menular, bereplikasi dalam sel manusia, dan menyebabkan gejala yang lebih serius pada ferret dibandingkan virus-virus lainnya.
    Hasil tes juga menunjukkan kekebalan yang didapat manusia dari paparan flu musiman, tidak memberikan kekebalan terhadap G4.
    Menurut hasil tes antibodi, sebanyak 10,4 persen pekerja di industri babi sudah terinfeksi.
    Hasil tes pun menunjukkan 4,4 persen populasi umum tampaknya juga telah terpapar.
    Dengan demikian, virus telah berpindah dari hewan ke manusia, tetapi belum ada bukti virus itu dapat menular antarmanusia.
    "Itu kekhawatiran kami bahwa infeksi virus G4 akan beradaptasi di manusia dan meningkatkan risiko pandemi pada manusia," tulis para peneliti sebagaimana dikutip AFP.
    Para penulis pun menyerukan upaya-upaya mendesak untuk memantau orang-orang yang bekerja dengan babi.
    Infeksi zoonosis disebabkan oleh patogen yang melompat dari hewan ke manusia.

    (TRIBUN-TIMUR.COM)

    Ingat SUBSCRIBE, SHARE dan tinggalkan jejak di kolom KOMENTAR.

    Update info terkini via: tribun-timur.com

    Instagram Tribun Timur: bit.ly/IGTribunTimur

    Twitter Tribun Timur: bit.ly/twitterTribunTimur

    Facebook Tribun Timur: bit.ly/FBTribunTimurMks

    TV-india Business Inquiries: tribuntimur430@gmail.com
    #Virus #G4 #FluBabi #H1N1 #JenisBaru #Pandemi #China #AmerikaSerikat #Tribun

टिप्पणियाँ • 64

  • Dadang Heri
    Dadang Heri 4 दिन पहले

    Flu BAbi.....
    Gak apa2..
    Kau makan BaBi tuh..

  • ahong batam18
    ahong batam18 5 दिन पहले

    Babi banyak makan belacan bauk, jadi penyakit, menular ke manusia, gara orang pulau Taiwan. Banyak belacan

  • Silver Ranger
    Silver Ranger 7 दिन पहले

    Dari babi kan hmm

  • ST BEOWULF
    ST BEOWULF 7 दिन पहले

    China Negara penyakit!

  • •킴 사브리나
    •킴 사브리나 7 दिन पहले +1

    1 dunia 200 negara, hancur hanya gara gara negara china:)

  • YOLEO G4
    YOLEO G4 8 दिन पहले

    Kok pake name cannel gw sih gk bodoamat copiregth

  • Cat Love
    Cat Love 8 दिन पहले

    Aku bagi tau sama kamu-yang suka makan babi atau celeng.babi makan muntah dan beraknya sendiri betapa kotornya babi masih kau makan..Agama Islam itu bersih dan suci makan dan minum terjaga sebelum kita lahir Allah dah bagi tau halal dan haramnya?

  • Afkaar Bara
    Afkaar Bara 8 दिन पहले +2

    Ini adalah satu satunya hewan yg disebut semua kitab suci sebagai hewan yg diharamkan tetapi manusia memang mahluk pembangkang.

  • MPL• ZaKkY
    MPL• ZaKkY 8 दिन पहले

    China beban China beban

  • Why mv
    Why mv 8 दिन पहले +2

    Kami seluruh penghuni galaxy mengucapkan CINA ANJ1N9

  • NaufalRA
    NaufalRA 8 दिन पहले

    GW : Kenapa gue dengar lagu bossfight?

    • Snopy Gabbie
      Snopy Gabbie 3 दिन पहले

      Gelisah ada lagu boss fight tapi belum ada yang muncul.

  • Calvera Gaming
    Calvera Gaming 8 दिन पहले

    gank china.

  • ridho alfarisi
    ridho alfarisi 8 दिन पहले

    Maenan PKI hebat juga yah

  • Man Squad
    Man Squad 8 दिन पहले

    China negara terkutuk asu

  • Venom CH
    Venom CH 8 दिन पहले

    los dol

  • Wisnu Maulana
    Wisnu Maulana 8 दिन पहले +8

    Semoga Indonesia tidak kena
    Virus baru ya Allah
    Dan semoga aja korona yang Ada
    Di Indonesia cepat hilang amin ya robbal alamin😇😇😇aminin dong!!!

  • Jesica Bucu
    Jesica Bucu 9 दिन पहले

    Ih dulu ada virus sekarang flu babi O_O

  • Muhammad tohirin Tohir
    Muhammad tohirin Tohir 9 दिन पहले

    Gorr koclokkkkk

  • Rizal Rahman
    Rizal Rahman 9 दिन पहले

    "BABI"
    "BABI"
    "BABI"
    "BABI"
    "BABI"
    BABI"
    "BABI"
    "BABI"
    "BABI"
    "BABI"

    • Venom CH
      Venom CH 8 दिन पहले

      Bro gabaik ngehina saudara lu sendiri

  • Lody Achmad
    Lody Achmad 9 दिन पहले

    China lagi china lagi lu kapan mau tobat??

  • DEF DAY
    DEF DAY 9 दिन पहले +1

    Apakah akan collab?

  • N O N A M E
    N O N A M E 9 दिन पहले

    Alhamdulillah semoga kiamat besar

  • zen .q
    zen .q 9 दिन पहले

    Hueeedeh. China lagi

  • RVST ID
    RVST ID 9 दिन पहले +4

    Ah shit, blm juga kelar seàson 1, malah dah rilis season 2

  • Ayah Elok
    Ayah Elok 9 दिन पहले

    jijikkkkk🤔

  • FalaH ۲۸
    FalaH ۲۸ 9 दिन पहले

    Wah clementine harus turun tangan

  • FAJAR Ramdhani
    FAJAR Ramdhani 9 दिन पहले +1

    Hadeh cina lagi cina lagi mau nya apa sih apakah ini azab karna mau menyerang indonesia?

  • riza alvarizy
    riza alvarizy 9 दिन पहले

    Jangan lagi makan babi banyak membawa virus.

  • Herman Gaming
    Herman Gaming 9 दिन पहले

    Next T-Virus

  • LYNX CHANNEL
    LYNX CHANNEL 9 दिन पहले

    China beban kek sakura anjir mencar virus mulu ajg

  • muhammad anres
    muhammad anres 9 दिन पहले

    Harus banyak stok masker sensi lagi nih dari sekarang.. mumpung harganya lgi turun. Nanti pendemi jilid 2 melonjak drastis tu harganya haha

  • Fahmi Syarif
    Fahmi Syarif 9 दिन पहले +6

    Perhatian Yang masih suka makan babi

    STOP Lu Mau Dunia Hancur

    • Saidah Purba
      Saidah Purba 7 दिन पहले

      Lu babi bilang aja haram

    • Zoya0508
      Zoya0508 7 दिन पहले

      Iya betul , ribuan babi yg kena virus di sumatera aja kemarin pada dibuang ke sungai, tdk bertanggung jwb..mau makannya doang...

  • Melia Lia
    Melia Lia 9 दिन पहले +1

    Sebentar lagi viral fluburung berpotensi pandemi...mantap ..kalau orang pintar...sayang aku orang bodoh jadi ga pinter ..memprediksi dunia mau jadi apa.....

  • Yanto Westari
    Yanto Westari 9 दिन पहले

    Pig: WHAT THE F**k IS THAT

  • Mohammad Nur
    Mohammad Nur 9 दिन पहले

    Kemaren corona terus hanta virus lalu flu babi next?

  • Joost FF
    Joost FF 9 दिन पहले +1

    Jadilah vegetarian

  • Keiza_ HH
    Keiza_ HH 9 दिन पहले +1

    hadeh china lu mau apa sih mangkannya jan makan babi,babi tu haram Yawloh corona blum selesai sekarang ada virus baru lagi yaallah cobaan apa lagi ini😭

    • Lili Suparli
      Lili Suparli 8 दिन पहले

      China kan menganut paham matearilisme jadiii gak kan mempan mau haram atau engga juga

  • ale sandro
    ale sandro 9 दिन पहले +1

    Pengen Rasis tapi nanti dimarahin

    • Venom CH
      Venom CH 9 दिन पहले

      Rasis aja bro bebas disini.

  • Yusuf R
    Yusuf R 9 दिन पहले

    Yey libur sekolah lagi...

  • RYT Rahmadan
    RYT Rahmadan 9 दिन पहले +2

    Ban China (BEBAN)

    • aimanaz 04
      aimanaz 04 8 दिन पहले

      Epic

    • Venom CH
      Venom CH 8 दिन पहले

      Saya Ambil Palu

  • Ray BuatTrailer
    Ray BuatTrailer 9 दिन पहले +3

    Opini yg bagus Elite Global
    Sekarang buat New World Order

  • Doni D
    Doni D 9 दिन पहले

    Kenapa bisa berpotensi pandemi? secara mobilitas antar negara sudah tidak mudah

  • ツɪᴛsʏᴀᴊøʀᴅᴀɴ
    ツɪᴛsʏᴀᴊøʀᴅᴀɴ 9 दिन पहले +12

    Corona : di China
    Hantavirus : Di china
    G4 Virus : Di China
    China : *MAINNYA HEBAT*

    • Siti Waspiah
      Siti Waspiah 7 दिन पहले

      Made in China

    • tapr rasta
      tapr rasta 8 दिन पहले +1

      REPORT CHINA MENGGUNAKAN CHEAT

    • India Tukang HBD
      India Tukang HBD 8 दिन पहले

      Made in china semua toddd!!

    • Zaki Murtadho
      Zaki Murtadho 8 दिन पहले

      We lose

    • Venom CH
      Venom CH 8 दिन पहले +1

      China : Be yourself and never surrender

  • r bs
    r bs 9 दिन पहले

    Mantap nih cina. Buat virus mulu. Biar negara2 berkembang hancur perekonomiannya yg terjebak dengan utang bunga murahnya cina
    Sehingga ga sanggup bayar. Dan bisa di ambil alih baik secara ekonomi atau politik dan bisa jadi ke 2nya.
    Jurus 1. Menawsrkan utang suku bunga murah biar banyak negara yg mengambilnya, karena berpikir sanggup membayarnya.
    Jurus 2. Keluarkan senjata virus corona biar perekonomian global kacau sehinggi negara yg terjebak utang masuk dalam perangkapnya.
    Jurus 3. Parade militer unjuk kekuatan agar negara2 yg berhutang tau diri akan resiko jika ga sanggup membayar
    Dan tentu dari awal bermacam2 virus sudah disiapin dari lab nya. Baik itu corona, virus flu babi mark 2, flu burung mark 2, bisa jadi juga virus corona mark 2 juga sudah ada tinggal tunggu kapan waktu yg pas buat dilepasin😁😁😁

    • Lili Suparli
      Lili Suparli 8 दिन पहले

      Aduhhh kak,sayaa prihatinn jugaaaa
      Top comment buat kaka

  • Spootie Music
    Spootie Music 9 दिन पहले +3

    G virus? Trus next T virus gitu? Hbis tu nemesis?
    Jill Valentine CS mana ini? Gak nongol2

    • Spootie Music
      Spootie Music 6 दिन पहले

      Awokwok. Muncul ni si mata satu pake bazooka

    • Nemesis
      Nemesis 7 दिन पहले

      Napa woi lu manggil manggil gue

    • Doni D
      Doni D 9 दिन पहले

      Jadi zombie tipe babi dong

  • ritwan tot
    ritwan tot 9 दिन पहले +4

    Mdh2an ga nyebar ke negara2 lain krn jalur transportasi udh pda ditutup

  • eko trianto
    eko trianto 10 दिन पहले

    Baru new normal eh ada lagi

    • Snopy Gabbie
      Snopy Gabbie 3 दिन पहले

      Lama2 mending tinggal di hutan. Tinggal di kota cuma kena virus terus.

    • Lili Suparli
      Lili Suparli 8 दिन पहले

      Yaaa pembunuhan massal

    • Sin Hunter
      Sin Hunter 10 दिन पहले

      Ngeklaim New normal tp kok masih ada kasus infeksi baru. Itu bukan new normal tp bunuh pembunuhan masal.

  • Khaii Fly
    Khaii Fly 10 दिन पहले +8

    China niatnya apasih? Mau seisi dunia mati ya?

    • Snopy Gabbie
      Snopy Gabbie 3 दिन पहले

      Yang parah rezim komunisnya suka nutup-nutupin data. Mereka bilang masih aman tau2 nya bulan depannya jadi pandemik

    • Joost FF
      Joost FF 9 दिन पहले

      Itu karena penduduk cina segudang + standar kesehatan kurang jadi semua penyakit datang dari situ

    • DHana ꦝꦤ ꦏꦸꦱꦸꦩ
      DHana ꦝꦤ ꦏꦸꦱꦸꦩ 9 दिन पहले

      @Keiza_ HH i don't no ??

    • Keiza_ HH
      Keiza_ HH 9 दिन पहले

      I don't no

    • Dwi Juliardi
      Dwi Juliardi 9 दिन पहले

      Ya kali

  • Rijal Dwi
    Rijal Dwi 10 दिन पहले

    Coba aja ada ibu siti fadillah

    • PdP noob
      PdP noob 9 दिन पहले

      @Sin Hunter bukan tolol,itu difitnah

    • Sin Hunter
      Sin Hunter 10 दिन पहले +1

      Tukang korupsi itu kan.

  • Zulkarnain Pa
    Zulkarnain Pa 10 दिन पहले +1

    Tinggal nunggu T-virus
    Yassalam

    • Rian S180
      Rian S180 9 दिन पहले

      Zombie 😂

  • Bunga Surga
    Bunga Surga 10 दिन पहले +5

    Hadeeh si babi menularkan virus lg dsr babi🤣🤣

    • Sin Hunter
      Sin Hunter 10 दिन पहले

      Mantap dong itu aksi balas dendam dr keluarga tuh babi. Dia marah cz tiap hari keluarga nya dimakan sama manusia wkwkwkek

  • Kevin Yudiyans
    Kevin Yudiyans 10 दिन पहले +36

    "Sekarang paham kan kenapa Allah SWT mengharamkan manusia memakan Babi"

    • Lee Van
      Lee Van 7 घंटे पहले

      @BOWSER TV d ajaran saya konhuchu tdak melarang ny.... Kta bda tuhan bang😁... Kao urusin agama kao aja...

    • Lee Van
      Lee Van 7 घंटे पहले

      @BOWSER TV saya konghuchu bkn kristen .... Sorry kao salah tebak bang🤣🤣🤣

    • BOWSER TV
      BOWSER TV 8 दिन पहले

      @Zidane Gunawan cermati statemen saya dulu bro, dia kata di agamanya babi boleh dimakan, tapi kenyataannya Tuhannya sendiri mengharamkan

    • Zidane Gunawan
      Zidane Gunawan 8 दिन पहले

      @BOWSER TV walaupun aku muslim aku tetap mendukungnya kalau namanya haram pasti ada alasan yang jelas yaitu tidak sehat

    • BOWSER TV
      BOWSER TV 8 दिन पहले

      @Lee Van belajar agama yg bener dulu bro, biar ga malu"in umat yesus

  • sagincu liuliu
    sagincu liuliu 10 दिन पहले

    Bisnis lageeeeeee ........

  • Ilham Firdaus
    Ilham Firdaus 10 दिन पहले +6

    Waw si corona belum juga berakhir datang wabah baru

  • USMAN HAKIM
    USMAN HAKIM 10 दिन पहले +1

    Belum musnah pandemi sekarang malah Ada lagi peredeksi pandemi Hadehhhh

    • Sin Hunter
      Sin Hunter 10 दिन पहले

      Mantap hajar terooossss

  • flmngoo _
    flmngoo _ 10 दिन पहले +4

    Apalagi ini yaallahh.....;)

  • Bebek MAQ
    Bebek MAQ 10 दिन पहले +25

    Ane baru liat postingan tsp lgsung search " g4 virus " :v

  • NtapZzS20uL
    NtapZzS20uL 10 दिन पहले

    Terus aja pandemi sebelum corona juga ada banyak virus yg bahaya tpi gk viral

  • Risang
    Risang 10 दिन पहले

    Ahh shittt here we go agaaaaiiiiinnn!!!

  • Noob Gaming
    Noob Gaming 10 दिन पहले

    Belum juga kelar muncul yang ini..... Hadeuh...

  • Andika
    Andika 10 दिन पहले +9

    Mantab libur aja trusss gw seneng kok :)

    • Farrel JP
      Farrel JP 8 दिन पहले

      Yang komen gak ada ahklak semua njir 😂

    • NaufalRA
      NaufalRA 8 दिन पहले

      Lu yg kena lu yg nyesel

    • Andika
      Andika 8 दिन पहले

      @Mahbuddin Riski matamu

    • Layarkaca 21
      Layarkaca 21 8 दिन पहले

      15juli

    • Ilham Firdaus
      Ilham Firdaus 8 दिन पहले

      @Lili Suparli maksudnya

  • ApDawN
    ApDawN 10 दिन पहले

    Hadehh.. apalgi sihh ini?

  • Wͥ E R E W Oͣ Lͫ F
    Wͥ E R E W Oͣ Lͫ F 10 दिन पहले +1

    Jurus kabur ke gunung..

  • Riki Perdiansah
    Riki Perdiansah 10 दिन पहले +12

    Inilah salah satu hikmahnya kenapa dalam islam daging babi di haramkan

    • Lili Suparli
      Lili Suparli 8 दिन पहले

      Nice comment

    • Doni D
      Doni D 9 दिन पहले

      @Whisky King rokok vegan kan ya?

    • Whisky King
      Whisky King 10 दिन पहले

      Flu burung jg ad 🤣, lebih baik vegan